Akibat Pandemi Berkelanjutan, Jadwal Pameran Mundur Semua Di 2021

Seven Event

TorakID– Indonesia International Motor Show (IIMS) dan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) merupakan dua pameran otomotif berskala besar yang sering digelar tiap tahun. Akibat Pandemi pada 2020, kedua pameran besar ini dipaksa untuk tidak bergulir sampai
pada tahun ini. Demi menciptakan lingkungan sehat dan mengurangi kasus pandemi yang saat ini sudah mencapai 1 juta kasus, pagelaran IIMS
dan GIIAS masih belum bergulir di 2021.

Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi menegaskan pentingnya upaya pengembalian kondisi industri otomotif Indonesia, yang didukung oleh kondisi kesehatan masyarakat. “GAIKINDO merencanakan kembali menyelenggarakan pameran otomotif pada semester kedua tahun ini, dimulai dengan akan penyelenggaraan GIIAS di Jakarta pada bulan Agustus, dilanjutkan dengan penyelenggaraan pameran GIIAS di daerah. Memasuki akhir tahun, GAIKINDO akan melangsungkan pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week atau (GJAW),” papar Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO.


“Pemulihan industri otomotif Indonesia menjadi agenda yang sangat penting bagi GAIKINDO, namun kami juga tidak ingin mengambil resiko mempertaruhkan kondisi kesehatan masyarakat yang saat ini belum membaik. Oleh karena itu GAIKINDO akan mengambil langkah baru yang lebih aman untuk masyarakat, dan juga akan menjadi strategi tepat waktu dan sasaran untuk pemain industri,” tuturnya. Menurutnya, langkah yang direncanakan GAIKINDO akan menjadi upaya yang lebih optimal dalam mencapai tujuan kebangkitan industri otomotif.


Kondisi ekonomi yang situasinya hampir mirip pada awal krisis moneter tahun 1998 membuat daya beli melemah khususnya pembelian kendaraan baru dan kurangnya minat masyarakat untuk berwisata secara normal. Menurutnya dengan penyelenggaraan yang berurutan yang dimulai pada semester ke-dua akan menjadi strategi terbaik karena konsentrasi masyarakat pada industri otomotif Indonesia tidak terputus sejak awal semester ke-dua, hingga akhir tahun 2021, yang dimulai dengan penyelenggaraan The 28th GIIAS di Jakarta. “Masyarakat akan disuguhkan pencapaian industri otomotif Indonesia secara lengkap dalam penyelenggaraan GIIAS The Series, di Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Medan. Dan pada akhir tahun GJAW akan menjadi ajang yang menghasilkan potensi penjualan dan memberikan kesempatan berpromosi terbaik bagi para merek,” ungkap Rizwan lagi.

Sementara itu, IIMS akan menggelar ajang IMS Virtual 2021 pada tanggal 18- 28 Februari 2021 mendatang. Ajang ini merupakan simulasi gelaran sebenarnya yang akan dilangsungkan pada bulan April di JIExpo, Kemayoran. “Kesepakatan Dyandra dan JIExpo mewujudkan IIMS di tahun 2021 dengan membuat jadwal cadangan dari jauh-jauh hari demi mengikuti anjuran pemerintah dan mengutamakan keselamatan calon pengunjung dan peserta pameran,” jelas Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.

IIMS yang akan digelar tahun ini akan bertajuk IIMS Hybrid karena akan digelar secara virtual dan non virtual. Dengan memperhaikan protokol
kesehatan dan masyarakat yang tidak bisa ke pameran non virtual karena ada halangan mampu mengunjungi IIMS via website dan video. “Di masa sulit, membuat kami harus lebih erat bekerjasama dengan semua stakeholders, menawarkan gagasan yang masuk akal dan niat untuk bangkit bersama,” tutup koHen, panggilan akrab Hendra Noor Saleh.