Audi R8 LMS: Mobil Balap GT3 Pertama Dari Audi

Istimewa

TorakID- Pada akhir 2000an, balap mobil kelas GT3 mulai menunjukan tajinya dan awalnya kelas yang banyak dihuni konstruktor independen mulai digeser dengan keterlibatan pabrikan untuk membuat mobil balap secara internal. Akhirnya Audi melalui divisi performa tinggi Audi Sport Meluncurkan mobil balap GT3 berbasis R8 bernama R8 LMS. Mobil ini lumayan sukses seperti pernah menempati pole position balapan Nurburgring 24 Jam.

Lalu apa rahasia dari R8 LMS? Pengurangan bobot menjadi PR utama. Misalnya mesin V10 5.200 cc kini hanya berbobot 210 kg saja. Pengurangan berat ini dicapai dengan penggantian crankcase dari bahan aluminium yang ringan. Posisi mesin juga digeser untuk memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah dibanding versi jalan raya. Mesin yang mengeluarkan tenaga 500 hp dan torsi 500 Nm (dibatasi karena regulasi) menyalurkan tenaga ke transmisi sekuensial 6 percepatan menuju roda belakang. Karena regulasi GT3, maka R8 tidak menggunakan penggerak 4 roda quattro yang legendaris.

Secara fisik R8 LMS ini lebih lebar dari versi jalan raya berkat body yang dibuat dari serat karbon serta mudah dilepas untuk perbaikan. Tidak hanya itu desain body dibuat lebih efisien dengan penempatan sirip di depan untuk mengarahkan udara, berbagai air duct untuk mendinginkan komponen mobil dan sayap belakang yang memberikan downforce atau daya tekan. Menurut salah satu pembalap tes Audi yaitu Marco Werner, dengan ukuran body yang proporsional, mobil ini memberikan handling yang bagus untuk seluruh tikungan sirkuit Sepang tidak hanya trek lurus tapi juga tikungan tajam performa masih bisa memberikan dukungan.


Hal senada diucapkan oleh Frank Biela yang pernah meraih gelar juara Le Mans 24 Jam yang menyebut mobil ini sangat seimbang dan seluruh desainnya juga mengedepankan safety. Biela terlibat dalam pengebangan mobil ini bersama Frank Stippler dan Kristen Abt. .


Masuk ke bagian suspensi, R8 LMS menggunakan model double wishbone yang terbuat sepenuhnya dari aluminium. Untuk bagian belakang dibuat lebih tinggi dari bagian depan yang memberikan keuntungan aerodinamis untuk mobil. Rem mobil menggunakan cakram keramik dengan bantalan khusus sehingga memberikan kualitas pengereman yang handal. Biela menambahkan R8 LMS dilengkapi ABS untuk mencegah body roll keluar lintasan saat pengereman spontan. Tapak ban sangat bagus secara mendatar dengan lintasan menghasilkan daya cengkram bahu jalan lebih kuat.


Masuk kedalam, sistem kemudi dan kursi memberikan unsur safety dan kenyamanan hal ini dibuktikan dengan kolom setir yang dapat disesuaikan dengan postur pembalap dan jok bisa bergerak secara longitudinal untuk mencari posisi duduk yang lebih sempurna. Karena balap GT3 ditujukan untuk privateer dan gentleman driver (pembalap dengan tujuan hobby) maka GT3 dapat dibeli oleh siapapun. Pada awal tahun 2012 Audi R8 LMS Ultra dapat dibeli seharga 329 ribu USD (sekarang setara dengan 370 ribu USD atau Rp 5,3 miliar) untuk mobilnya saja sebelum paket spare part. Harga ini tentunya sebelum pajak masing-masing negara.