Citroen FAF, Crossover Murah Dari Citroen

Istimewa

TorakID- Citroen FAF, bisa dibilang hasil pengembangan atau penerus Citroen 2CV. Nama FAF adalah singkatan dari Facile a Fabriquer dan Facile a Financer, yang memiliki arti mudah di produksi dan murah. Mobil ini mengkombinasikan MPV dengan SUV alias crossover. Lihat saja bentuknya, mengkotak kotak, semua body panel terlihat flat, Ini juga membuat cost produksi menjadi murah karena bentuknya yang sederhana. Mobil ini tergolong Basic Utility Vehicle, sama seperti Toyota Kijang dan Datsun Sena.
.

Di indonesia, bentuk mobil ini berupa minibus 5 pintu. Yap betul 5 pintu, karena model belakang mobil ini hatcback atau dapat terbuka keatas. Versi luar ada yang berupa atap kanvas, tapi tidak masuk indonesia, Bentuknya mirip mirip Citroen Mehari. Sebagai penerus Citroen 2CV, mobil ini juga memakai mesin yang sama dengan 2CV, yaitu mesin 2 silinder berkapasitas 602cc aircooled. Tenaga mesin yang tertulis di dalam iklan yaitu DIN 26 TK pada 5500rpm. hp DIN sama dengan penyebutannya PS saat ini.

Bertransmisi manual 4 percepatan, Berpenggerak roda depan dan suspensi independen di keempat roda. Suspensi mobil ini tergolong nyaman khas Citroen. Mobil ini pertama kali dijual pada tahun 1979, dan masuk ke indonesia di bawah naungan ATPM Citroen yaitu PT Alun pada saat itu. Harganya murah, tapi sayang penjualannya tidak begitu laku.