Honda Civic EP3: Wujudnya Diremehkan Tapi Tenaganya Menjanjikan

Istimewa

TorakID- Civic Type R yang bentuknya Paling biasa Dan yang Paling membosankan diantara generasi generasi lainnya. Dan lucunya generasi ini merupakan generasi terbaik yang pernah dijual di Inggris. Tetapi dibalik dari eksterior yang biasa saja, performa dari Mobil ini tergolong buas. Jadi Kita bisa belajar dari Mobil ini bahwa “Don’t Judge Book by It’s Cover.” Karena meskipun Mobil ini tidak terlihat jauh berbeda dari Civic ES biasa, tetapi pada saat diadu baru berasa berapa malunya diasapi oleh mobil econobox. Here it is guys! Honda Civic Type R EP3!

Honda Civic Type R EP3 diluncurkan di Inggris pada Agustus 2001 atau bisa dibilang 1 bulan setelah kedatangan Integra Type R DC5. Uniknya dari Mobil ini dibuat dengan basis yang sama dengan Integra Type R DC5 tetapi lebih berat yang ironisnya mengingatkan dimensi Mobil ini yang lebih kecil DARI DC5 Dan memakai mesin yang sama persis dengan DC5 yaitu K20A1 dengan settingan yang beda tidak seperti penerusnya EK9 yang memiliki 200cc lebih rendah dari DC2.

Pada Oktober 2001, Honda Civic Type R EP3 diluncurkan di Jepang dengan tenaga yang lebih besar dari versi UK yaitu 215 hp meskipun dibuat di pabrik yang sama yaitu di Swindon, United Kingdom yang berarti FK2R bukan Civic Type R pertama yang dirakit disana. Meskipun dia lebih murah dari DC5 tetapi mobil ini memiliki performa yang tergolong buas karena dapat mencetak waktu 1 menit 8,49 detik Dan dapat mengalahkan S2000 AP1 improvement (model tahun 2002 alias AP1-120) di Tsukuba.

Pada Januari 2004, Honda Civic Type R EP3 mendapatkan facelift dengan menempatkan mounting foglamp di bumper depan Dan mengurangi efek oversteer sama yang dilakukan berberapa lineup sportscar Honda seperti S2000 AP1 facelift yang diluncurkan Oktober 2003 Dan Integra Type R DC5 facelift yang diluncurkan 9 bulan setelah EP3 facelift. Tetapi karena efek tersebut orang orang Inggris pada tidak suka dengan perubahan tersebut dan menilai bahwa versi facelift tidak se fun to drive versi pre-facelift.