Honda Umumkan Pemenang Honda Racing Simulator Championship 2021

HSRC

Torakid – PT Honda Prospect Motor mengumumkan jajaran pemenang dari kompetisi simulator Honda Racing Simulator Championship 2 (HRSC) yang berlangsung secara sengit dalam total 6 seri. HRSC 2 memunculkan total 9 juara dari kelas Master, Rising Star dan Rookie setelah seri terakhir selesai digelar pada 6 November 2021 lalu di sirkuit virtual Suzuka. Pengumuman pemenang ini digelar pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, 18 November 2021.

Honda Racing Simulator Championship merupakan sebuah kejuaraan simulator balap secara online yang untuk pertama kalinya digelar oleh sebuah pabrikan otomotif di Indonesia, yang pada tahun ini menghadirkan 3 kelas, Kelas Master, Kelas Rising Star dan Kelas Rookie. HRSC pertama kali digelar oleh Honda pada tahun 2020 lalu dengan menggandeng HM Engineering sebagai penyelenggara.

Pada kelas Master, Andika Rama Maulana berhasil menjadi juara pertama setelah berhasil memberikan performa terbaiknya dan mendominasi puncak klasemen pada hampir setiap seri. Rama berhasil mendapatkan total hadiah uang tunai sebesar Rp 14.301.500. Sedangkan di posisi kedua, Jaka Siswoyo mendapatkan uang tunai sebesar Rp 8.850.000. Bersaing dengan sangat sengit bersama dengan Jaka, Daffa Ardiansa di posisi ketiga berhasil mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 7.850.000.

Persaingan ketat tidak hanya berlangsung di kelas Master, kelas Rising Star juga tak kalah sengit dimana setiap minggunya pada kelas ini menampilkan juara-juara baru, hingga akhir seri, Jason Ciputra berhasil keluar sebagai juara pertama. Dengan begitu, Jason berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.500.000. Dibawahnya, Billie Ebenhaezer berhasil menjadi juara kedua dan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.620.000 yang diikuti Colin Lewi di posisi ketiga mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.520.000.

Sedangkan pada kelas Rookie, Rio Loho berhasil keluar sebagai juara pertama dan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.259.000. Meski pada seri keempat Rio sempat mengalami kendala dan tidak dapat menyelesaikan pertandingan, ia tetap dapat mendominasi tangga klasemen hingga berhasil keluar sebagai pemenang. Di posisi kedua, Arya Sena berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.230.000 dan Enrico Chiesa di posisi ketiga mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.410.000.

Tidak hanya itu, menekankan konsep Everyone Can Win, seluruh peserta lainnya yang telah berhasil mengumpulkan poin dari seri pertama hingga seri keenam juga akan mendapatkan hadiah tambahan berdasarkan banyaknya poin yang terkumpul. Pada kelas Master, peserta akan mendapatkan Rp 65.000,-/poin, kelas Rising Star Rp. 20.000,-/poin, dan kelas Rookie Rp. 10.000,-/poin. Dengan begitu, HRSC 2 telah menyediakan total hadiah uang tunai sebesar Rp 100 juta, yang menjadikan HRSC 2 sebagai ajang balap simulator dengan total hadiah uang tunai terbesar.

Yusak Billy selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director Honda Prospect Motor mengatakan, “Kami sangat senang dapat sukses menyelenggarakan ajang HRSC 2 ini untuk para Simracer di Indonesia dengan membawa semangat ‘Everyone Can Race, Everyone Can Win’ dimana semakin banyak yang dapat menikmati kesenangan dalam balapan, berkesempatan menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah. Kami juga berterima kasih kepada para peserta yang telah antusias mengikuti kompetisi ini dan memberikan hiburan bagi para penonton dan para pecinta balap.”

Pada musim kedua ini, Honda berhasil mengumpulkan 205 pendaftar pada babak kualifikasi dan 105 peserta yang berasal dari berbagai daerah dan dinyatakan lolos dari babak kualifikasi untuk dibagi ke dalam tiga kelas, yaitu Kelas Master yang menggunakan mobil New Honda Type R, Kelas Rising Star dan Kelas Rookie yang menggunakan mobil New Honda Brio RS Urbanite.

Pada HRSC 2, Honda juga didukung oleh PT Lintec Jakarta (Wincos Indonesia), PT Nippon Oil Indonesia (Eneos Indonesia), dan Mitra Integrasi Informatika yang tampil sebagai sponsor. Para sponsor juga turut hadir dalam acara penyerahan hadiah untuk kesembilan pemenang pada ajang GIIAS 2021.