Kisah Hummer H2: Mobil Besar Dengan Kelincahan Luar Biasa

GM

TorakID- Kisah Hummer mulai ketika tentara Amerika mencari pengganti jip M151, kemudian dipilih High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) buatan AM General. Kepopuleran mobil ini meningkat ketika Perang Teluk I disiarkan melalui televisi dan mengangkat profil HMMWV.

Mulai muncul demand dari publik umum, salah satunya aktor Arnold Schwarzenegger yang berhasil meyakinkan pihak AM General untuk meluncurkan HMMWV (Humvee) versi sipil bernama Hummer. Karena proses produksi yang rumit maka penjualan Hummer tidak terlalu besar maupun menguntungkan. Tetapi General Motors melihat potensi dari brand Hummer dan membeli hak Hummer dari AM General. Selain mengandalkan H1 yang merupakan versi sipil HMMWV, GM juga merencanakan Hummer sipil yang dapat diproduksi masal dan menarik lebih banyak pembeli.
.

Pada tahun 2002 diluncurkan Hummer H2 yang menggunakan platform truck GM T800 yang digunakan Chevrolet Silverado/Suburban, Cadillac Escalade dan GMC Sierra/Yukon. Dibandingkan H1, H2 memang terlihat lebih sipil dengan penggunaan bumper plastik, aksen chrome dan juga aksesoris lainnya. Konon Arnold dimintai pendapat saat mendesain H2. Meski secara tampilan H1 terlihat lebih besar, tercatat H2 lebih panjang dan lebih tinggi.

Meskipun memiliki bodi sangat besar, H2 memiliki stabilitas yang bagus pada setiap medan. Karena ground clearance yang tinggi, H2 masih tetap bisa digunakan offroad. Overhang depan dan belakang memiliki desain pendek yaitu 80 cm yang berguna ketika menghadapi kontur ekstrem di track offroad.

Terdapat lock differential yang memisahkan sumbu belakang dan depan agar kualitas berkendara pada medan tidak rata terjaga dengan baik. H2 dengan mudah dapat mendaki tanggul setinggi 41 cm dan arus air sedalam setengah meter dan menerobos pasir dalam kecepatan tinggi. Wajar, pereli Robby Gordon menggunakan mobil ini dalam kejuaraan Dakar.

Yang menjadi perhatian khusus adalah stabilitas H2, juga meski dengan dimensi yang besar, H2 memiliki handling yang cukup lincah seperti menyalip mobil lain, pindah jalur mendadak dan menikung pada kecepatan tinggi. Tercatat GM menargetkan produksi 35.000 unit per tahun untuk H2, jumlah yang sangat tinggi dibanding H1.