Mengenal BMW E60: Seri 5 Dengan Desain Kontroversial

BMW

TorakID- Era Chris Bangle tercatat sebagai era desain BMW yang kontroversial, banyak desain Bangle yang dianggap kontroversial. Namun harus diakui beberapa desain Bangle masih terlihat segara hingga kini seperti seri 5 E60.

Diluncurkan secara global pada tahun 2003, E60 melambangkan loncatan besar baik dari segi desain maupun teknologi. Tercatat berbagai teknologi yang kini standar di BMW diantaranya iDrive, adaptive cruise control, adaptive headlight dan mesin turbo hadir di E60. Yang paling menarik tentunya adalah run flat tire dan adaptive headlight. Teknologi run flat tire yang menggunakan bahan khusus dalam konstruksi ban memungkinkan ban berjalan saat kempis hingga 80 km/jam dikala darurat untuk mencari pertolongan hingga 150 km.

Di sisi lain, konstruksi dinding ban yang lebih lembut berpengaruh saat mobil berbelok. Desain velg juga diubah agar menjadi lebih kokoh. Meski ban ini kerap disebut mempengaruhi handling, tercatat handling E60 masih bagus ketika mobil dipacu pada kecepatan 120 km/jam ke atas. Sedangkan adaptive headlight membuat sinar lampu bergerak mengikuti arah setir. Fitur ini sangat berguna pada malam hari seperti ketika berbelok pada area blindspot. Fitur ini juga bermanfaat bagi pengguna jalan lain karena mereka tidak akan merasakan silau berlebihan saat berpapasan di tikungan.

Selain handling, satu lagi area dimana E60 sangat unggul adalah pengereman dimana intonasi injakan kaki pada pedal rem dan pengemudi mampu dibaca tepat oleh sistem ABS yang terintegrasi dengan kontrol traksi sehingga memberikan pengereman yang bagus.