Mengenal Generasi Kedua Hyundai Santa Fe, Punya 3 “Senjata” Untuk Memikat Konsumen

PZ Motors

TorakID- Pada awal kemunculannya di Amerika Utara, Hyundai Santa Fe mendapat kritik karena tampilannya yang nyeleneh. Tetapi anehnya mobil ini menjadi favorit di pasar Amerika bahkan sampai dealer kesulitan memenuhi permintaan konsumen.

Ada tiga senjata yang diunggulkan Hyundai pada generasi kedua mobil ini, pertama adalah konfigurasi 7 seater . Kedua adalah desain Santa Fe baru yang lebih modern dan elegan serta ketiga adalah penempatannya yang unik yaitu SUV besar dengan fitur banyak namun dibawah SUV premium yang ukurannya kompak dengan rentang harga tersebut. Tercatat Santa Fe 2.7 mesin bensin memiliki fitur seperti Electronic Stability Program (ESP), rem dengan ABS dan EBD, dual airbag, sunroof elektrik, audio dengan pengatur di setir, AC dual zone dengan climate control, kompas digital di konsol tengah dengan auto dimmer. Fitur ini termasuk mewah dibandingkan fitur SUV sekelasnya. Masuk ke dalam, Hyundai berusaha menampilkan kesan mewah dengan penggunaan lapisan kulit pada jok 7 seater dan jok pengemudi elektrik. Tetapi harus diakui walaupun posisinya mudah diatur, namun pengoperasiannya terasa keras dan jok belakang hanya cocok untuk anak kecil karena ruang kaki dan kepala yang terbatas.

Sebagai SUV keluarga, pengaturan jok Santa Fe sangat praktis. Untuk merubah posisi bangku ketiga masuk kedalam cukup menarik sebuah tuas untuk meratakan bagasi. Headrest jok baris kedua juga langsung terlipat saat meratakan jok tanpa perlu membuka headrest. Santa Fe kala itu ditawarkan dalam 2 versi mesin. 2.200 cc Diesel dan V6 2.700 cc bensin yang mampu menghasilkan tenaga 188 hp, hampir 38 hp lebih besar dari versi Diesel namun harus diakui bahwa Diesel unggul di Torsi.

Akselerasi mobil ini cukup untuk ukuran mobil seberat 2 ton. Tetapi jangan harap performa tinggi untuk Santa Fe. Pihak Hyundai mengklaim konsumsi bahan bakar 9.4 km/liter untuk jalan kombinasi. Handlingnya sendiri dapat dipuji berkat penggunaan ESP yang menghasilkan suspensi nyaman tapi tetap hidup. Namun perlu diingat bahwa Santa Fe unggul di fitur yang banyak belum lagi mobilnya lebih nyaman dengan handling yang baik.