Mengenal Honda Accord CB: Mobil Accord Yang Setara Dengan Produk Honda Amerika

Rejdyn

TorakID- Pada tahun 1999 Honda resmi meluncurkan pengganti Accord Cielo yaitu Accord VTi-L. Dibandingkan generasi terdahulu, Accord VTi-L menghadirkan desain modern menjelang milenium baru serta performa dan fitur yang serba baru.

Secara desain Accord VTi-L terlihat seperti sedan mewah Legend yang lebih besar. Hasilnya Accord VTi-L terlihat lebih elegan dengan penggunaan chrome serta paras yang besar. Accord ini sama dengan yang digunakan di pasar Amerika, disana Accord ini berkode CB Series. Masuk ke dalam interior Accord VTi-L, kesan mewah dan lega langsung terasa. Jok mobil dapat diatur sehingga posisi duduk maksimal dapat mudah ditemukan. Desain kaca depan yang landai memberikan pandangan ke depan yang lebih luas dibanding Accord Cielo.
.

Secara dimensi Accord VTi-L juga lebih luas dibanding pendahulunya. Ruang untuk bahu misalnya, lebih luas 30 mm, jarak antara pengemudi dan penumpang depan bertambah 20 mm. Pada bagian belakang, ruang lutut dinaikkan 60 mm dan ruang kaki bertambah 92 mm. Volume bagasi meningkat menjadi 38 liter dengan bukaan bagasi meningkat 115 mm.

Pengoperasian indikator juga mudah dijangkau, speedometer dengan tripmeter digital yang memiliki desain atraktif mudah terlihat oleh pengemudi. Fitur seperti power window, central door lock dan electric mirror disatukan pada sisi dalam pintu pengemudi. AC mobil sudah menggunakan monitor digital dan sistem audio sudah dilengkapi dengan single CD selain fitur radio.

Dapur pacu Accord VTi-L menggunakan mesin 4 silinder 2.254 cc 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga 150 hp pada 5.700 rpm dan torsi 206 Nm pada 4.800. Terdapat pilihan transmisi manual 5 percepatan dan matik 4 percepatan.
.
Meski memiliki bobot yang berat yaitu 1.375 kg, Accord VTi-L termasuk gesit dan responsif. Dibutuhkan waktu 11,91 detik untuk melaju dari 0-100 km//jam. Sementara akselerasi dari 60 km/jam hingga 120 km/jam mencapai 11,29 detik.
.
Kinerja mesin yang baik ini tidak lain berkat fitur seperti knock control system serta desain crankshaft, connecting rod dan piston baru. Pengapian mobil juga mengalami pembenahan total. Satu lagi teknologi yang diaplikasikan Accord VTi-L adalah VTEC. Tercatat konsumsi BBM mencapai 10:1 untuk luar kota dan 10:8 untuk dalam kota.
.
Transmisi yang digunakan Accord VTi-L juga termasuk lembut. Ketika tuas transmisi berada di posisi D4 dan mobil melaju pada kecepatan rata-rata 60 km/jam lalu pedal gas diinjak tiba-tiba (kick down). Otomatis transmisi berpindah ke rasio rendah untuk selanjutnya bertahap pindah ke gigi yang tinggi. Ternyata perpindahan gigi berlangsung sangat lembut, hampir tidak hentakan. Parameter perpindahan gigi hanya ditunjukan perubahan rpm mesin.
.
Hal ini karena inovasi Accord VTi-L yaitu teknologi kontrol langsung untuk tekanan kopling, maka perpindahan gigi berlangsung lebih lembut dan tepat waktu. Selain transmisi, suspensi Accord VTi-L juga berubah dengan penggunaan double wishbone di depan dan 5 link di bagian belakang yang memungkinkan mobil ini tetap stabil pada kecepatan tinggi.

Di luar negeri, Accord CB Hadir sejak 1997 sampai 2002 dan mobil ini dirakit di Pabrik Honda di Sunter, Jakarta Utara. Mobil ini berbagi platform dengan Acura CL, MDX, dan TL sedangkan Honda Inspire dan Odyssey mengisi bagian untuk mobil Honda.