Mengenal Nissan GTR, Godzilla Penguasa Dunia Balap

Istimewa

TorakID- Nissan GTR merupakan mobil legenda dengan reputasi panjang di arena balap.

Mulai dari balap kelas kejurnas di daerah aslinya (Jepang) dan di kejuaraan dunia seperti GT World Challenge.

Mobil dengan kode bodi R35 ini lahir pada tahun 2007 dan terus diproduksi hingga sekarang sebagai penerus Skyline GTR yang berakhir di tahun 2002 dan dikenal orang sebagai Godzilla karena sering mendominasi lintasan balap.

Godzilla sendiri merupakan kadal raksasa dari film spesial efek berjudul sama yang diproduksi pada 1954 dan menjadi fenomenal ketika Skyline GTR mendominasi gelaran Bathrust 12 Jam di Australia pada awal 90`an.

Pada model jalanan, Nissan memproduksi GTR mulai dari bertenaga dasar 480 dk sampai 550 dk sekaligus memiliki banyak facelift.

Salah satunya adalah GTR spek Inggris. Dengan pembeda di front bumper dan velg yang jari jarinya lebih banyak merupakan versi Premium Package alias varian termahal dari GTR.

Mobil ini sudah dipasangi dengan Recaro Leather Bucket Seat Dan Bose speakers.

Dengan mesin VR38DETT baru yang dapat menghasilkan 480hp.

GT-R ini menjadi Mobil Jepang terkencang pada zamannya.

Seperti Skyline GT-R, R35 GT-R dilengkapi dengan ATTESA ET-S sehingga handling mobil ini berasa seperti rear wheel drive meskipun berat dan AWD.

GT-R R35 memiliki 3 driving mode yaitu Normal untuk daily driving, Sport untuk di tol atau pegunungan, dan Track untuk sirkuit.

Sampai sekarang GT-R R35 mengalami facelift yang agak besar di gril depan dan bumper dan pelek jadi lebih banyak jari jari pada edisi 2017.

Dan tidak hanya itu, interiornya berubah drastis terutama di bagian center dashboard.

Polyphony Digital, perusahaan pembuat Gran Turismo membuat dashboard mobil ini agar pengendara mempunyai impresi berkendara bagaikan mengendarai mobil balap GT500, asal mula GTR memulai kariernya di dunia balap Jepang.

Sampai saat ini, Nissan belum berencana membuat model R36 atau penerus GTR karena masih berfokus ke pengembangan mobil listrik.