Mengenal Nissan Sentra B13 Yang Pernah Menjadi Taksi Di Era 90an

Datsun Lifestyle

TorakID- Dibandingkan rekan sejawatnya dari Jepang, Nissan Sentra Genesis kurang bersinar. Mungkin alasannya karena image taksi yang memang cukup melekat pada Sentra. Padahal model Sentra Genesis memiliki mesin yang berbeda. Untuk taksi atau model lama menggunakan mesin 1.300 cc karburator sementara Sentra Genesis memiliki mesin 1.600 cc DOHC injeksi.

Sejarah Sentra di Indonesia dimulai pada tahun 1989 ketika PT Wahana Wirawan dibawah Indomobil meluncurkan Sentra B12 atau yang akrab disebut Sentra kotak. Selama dijual di Indonesia, Sentra kotak mengalami dua kali perubahan mesin. Pada tahun pertama Sentra kotak memiliki mesin 1.600 cc 8 valve yang menggunakan timing belt serta karburator. Selanjutnya pada tahun 1989 dan 1990, mesinnya diganti dengan model 12 valve dan sudah menggunakan timing chain walaupun tetap menggunakan karburator.

Interior seri pertama Sentra termasuk mewah dengan fitur seperti electric window, central lock dan electric mirror. Sedangkan dari luar perbedaannya terletak pada bumper model American Style yang lebih besar pada tahun 1988-89 sedangkan model 1990 menggunakan model yang lebih kecil tetapi tetap terbuat dari plastik.

Masuk ke tahun 1991, generasi selanjutnya Sentra atau B13 mulai dijual sebagai Sentra Genesis. Bodynya sendiri tidak lagi menganut desain kotak tetapi telah membulat seperti mobil tahun 90an. Dibandingkan Sentra kotak, fitur Sentra Genesis terasa lebih mewah dengan antena radio yang otomatis naik, pengaturan ketinggian bangku dan headrest serta sabuk pengaman untuk penumpang belakang.

Mesin Sentra Genesis menggunakan 1.600 cc DOHC dengan injeksi yang mampu menghasilkan 115 hp. Mesin ini cukup bertenaga untuk sedan tahun 90an dan termasuk mesin yang badak selain itu pada generasi ini tersedia varian matik yang diluncurkan pada tahun 1993. Sentra Genesis dijual hingga tahun 1996 tanpa perubahan yang berarti,