Mengenal Suzuki Baleno Facelift Generasi Pertama

Wawawoum

TorakID- Pertama kali diluncurkan pada tahun 1996, Suzuki Baleno masih menjadi andalan Suzuki pada awal milenium baru dengan penyempurnaan mesin yang tidaknya menggunakan 1.600 cc diganti dengan unit 1.500 cc.
Kendati menggunakan mesin yang lebih kecil, performa New Baleno tetap sama dan bahkan meningkat berkat penggunaan teknologi Engine Control Module (ECM) generasi baru dan sistem Electronic Petrol Injection (EPI) yang membuat mesin berkode G15B ini mampu mengeluarkan tenaga 105 hp dan torsi 128 Nm. Hasilnya New Baleno tidak hanya lebih irit tetapi akselerasi dan top speednya juga meningkat. Selain mesin, Suzuki juga melakukan perubahan pada interior dimana formasi jok dibuat lebih fleksibel. Jok belakang juga bisa diratakan untuk menambah kapasitas bagasi.

Pada bagian dashboard, perubahan bisa dilihat pada nuansa instrumen seperti speedometer, tachometer dan fuel meter berwarna cluster putih sehingga menjadi lebih sporty. Body mobil juga mendapat penyegaran dengan grill lebih lebar model jaring, bumper juga di desain menyambung ke atas terintegrasi dengan kap mesin serta fender dan terakhir lampu depan menggunakan frame tunggal model mata serangga. Dan opsi baru untuk New Baleno adalah varian transmisi otomatis 4 percepatan selain manual 5 percepatan. Kala itu ada keraguan dengan kapasitas mesin yang kecil maka akan terasa hentakan yang terasa pada perpindahan gigi.

Ketika dicoba, proses perpindahan giginya memang berlangsung mulus, namun tidak dapat dipungkiri bahwa agresivitas dibanding versi manual menjadi berkurang seperti untuk meraih kecepatan 180 km/jam dan bahkan saat masuk gigi 4 (overdrive) mobil ini seakan kehilangan daya dorong. Desain transmisi matik milik Baleno terdiri dari P (Parking), R (Reverse), N (Neutral), D (Drive), 2 (gigi 2) dan L (Low Gear). Terakhir pada batang shifter terdapat tombol untuk mengaktifkan overdrive gear.

Sistem suspensi Baleno yang menggunakan MacPherson strut dengan per spiral di semua roda yang dilengkapi power steering yang membuat kemudi Baleno terasa ringan. Sayangnya sistem steering rack & pinion yang digunakan Baleno terlalu enteng dan tajam. Sehingga pergerakan roda terasa liar, terutama ketika melahap tikungan. Tetapi secara keseluruhan Suzuki kembali menghadirkan peningkatan dan perbaikan yang cukup signifikan dibanding Baleno lama dan tetap menawarkan value for money yang baik.