Mengingat Kembali Kehadiran Generasi Keenam Ford Mustang Di Indonesia

Ford

TorakID- Mustang adalah mobil yang menjadi ikon Ford sebelum mereka memenangkan kejuaraan balap mobil Le Mans, Perancis pada dekade 1960an. Memproklamirkan sebagai “Pony Car” alias mobil sport yang terjangkau di masanya, Mustang mampu menjual diri sekaligus mempermalukan pabrikan-pabrikan senegaranya seperti Chevrolet, Pontiac maupun Plymouth yang tergabung di General Motor. Meskipun tiga pabrikan ini mampu melawan dengan model-model seperti Chevrolet Camaro, Pontiac GTO dan Plymouth GTX tapi Mustang masih diminati sebagai mobil bencmark dari kelas mobil muscle car karena bermesin besar dan mudah dimodifikasi untuk balap Drag.

Di Indonesia, Mustang tua yang hadir di era 1960-1970an direstorasi sebagian pihak sebagai mobil ikonik. Tak jarang, kebanyakan model yang tiba di tanah air kebanyakan adalah eks kedutaan maupun mobil simpanan. Beberapa modifikator yang gatal ingin mengoprek mesin dan merubah tampilan mobilnya menjadi lebih sangar untuk bisa setara dengan modifikasi Mustang di negeri asalnya.

Sayangnya, Mustang era 1980-1990an gagal masuk ke Indonesia karena tidak ada importir yang berani menjualnya akibat peraturan larangan impor. Barulah di era 2000an awal importir berani membawa kembali Mustang yang memasuki generasi kelima dengan mesin andalan V8 Modular berkapasitas 4600 sampai 5400 cc. Akan tetapi, kisah menarik terjadi ketika generasi penerusnya dimasukkan ke tanah air.

Langkah yang sangat amat mengejutkan Ford Nusantara lakukan pada April 2016 silam karena menjual generasi keenam Mustang. Meskipun Ford Motor Indonesia menyatakan untuk hengkang dari Indonesia sejak Januari 2016. Namun Ford Nusantara membawa Ford Mustang diluar izin dari Ford Motor Indonesia yang sudah tidak ada di Indonesia saat itu. Ford Mustang yang dibawa oleh Ford Nusantara sendiri bukan bawaan ATPM namun berasal dari Importir Umum yang bernama Auto Gallery.

Importir Umum sendiri sudah menjual Ford Mustang generasi keenam ini sejak tahun 2015 pada saat Ford Motor Indonesia masih ada sebagai ATPM resmi Ford di Indonesia. Ford Mustang ditawarkan dengan dua pilihan mesin yaitu 2.3 EcoBoost dan 5000cc V8 sebagai varian flagship. Model yang Auto Gallery bawa pada ajang IIMS 2016 silam merupakan trim terendah dari Ford Mustang dengan mesin 2300cc Turbo yang menghasilkan tenaga sebesar 315 PS dan torsi sebesar 434 nm disalurkan ke 6-speed otomatis melalui penggerak belakang. Ford Mustang generasi keenam ini merupakan Ford Mustang pertama yang menggunakan suspensi belakang independen multilink sehingga mampu memaksimalkan handling dan pengendalian roda belakang dari Ford Mustang. Ford Nusantara menjual Ford Mustang seharga 1,6 Millar dalam jumlah 6 unit saja dan semuanya sold out sampai akhir pameran.

Tidak hanya itu juga, Indonesia juga kebagian versi terbatas Mustang generasi keenam bernama Bullit. Mobil yang menggunakan mesin V8 berkapasitas 5000 cc ini hadir di North American International Auto Show 2018 sebagai peringatan 50 tahun film Bullit dimana Mustang menjadi tunggangan aktor Steve Mcqueen selama film berlangsung.