Nissan Leaf: Mobil Listrik Kedap Suara

Nissan

Berbeda dengan desain mobil listrik pada zaman itu yang menggunakan basis model yang telah ada atau membuat desain mobil listrik yang unik. Nissan berusaha membuat Leaf terlihat seperti mobil biasa dengan memberikan desain hatchback 5 pintu. .

Tetapi dibalik desainnya, Nissan Leaf memiliki beberapa fitur desain unik yaitu bagian depan yang menganut bentuk V untuk mengarahkan udara dari body mobil yang dibantu bentuk lampu yang aerodinamis. Nissan mengklaim suara mobil akan menjadi lebih sunyi. Tidak lupa bagian bawah mobil dibuat rata untuk membantu efisiensi. .

Obsesi Nissan membuat mobil yang kedap suara berlanjut dengan penggunaan body yang lebih tebal, motor wiper dengan suara yang minim dan bahkan berlanjut ke kabin dengan pemilihan power window minim suara.

Leaf asli menggunakan motor 80 kW yang mampu menghasilkan 107 hp dan torsi sebesar 280 Nm. Varian awal Leaf menggunakan baterai 24 kWh yang mampu menembus jarak 175 km dan memiliki performa 0-100 km/jam dalam 9,9 detik menuju top speed 144 km/jam.

Kala itu Leaf menjadi mobil yang revolusioner, dan kala itu harganya yang relatif terjangkau membuat Leaf menjadi mobil listrik terlaris di dunia dengan produksi mencapai 300 ribu unit. Generasi pertama Leaf terus dikembangkan hingga 2017 dengan baterai yang lebih besar dan fitur tambahan lainnya. .
.