Nissan March 2010: Citycar Terlaris Dari Nissan

Carfort

TorakID- Melihat kondisi Nissan yang sekarang, tidak terasa bahwa dulu produk-produknya sempat menguasai pasaran Indonesia termasuk melalui small hatchback Nissan March. Tercatat sejak peluncurannya dari tahun 2010 hingga 2011 sudah ada 8.000 unit March yang mengaspal di jalanan Indonesia. .

Secara tampilan, March yang merupakan produk global ini memiliki desain membulat yang terlihat elegan dibanding sporty. Tetapi buat yang ingin membuat mobil ini menjadi lebih sporty bisa menggunakan kit aksesori Autech atau Nismo yang disediakan.

Keunggulan utama March adalah mesin 3 silinder 1.198 cc yang mampu menghasilkan tenaga 76 hp dan torsi hingga 126 Nm. Tidak terdengar banyak tetapi perlu diingat bahwa March hanya memiliki berat 925 kg dan mampu melaju dari 0-100 km/jam dalam 11,81 detik yang cukup cepat dibanding mobil sekelasnya seperti Splash.
.

Tetapi mesin ini berhasil menawarkan performa yang seimbang antara akselerasi dan efisiensi. Tidak heran kalau March menjadi salah satu mobil yang efisien dengan konsumsi bahan bakar 15.9 km/liter di kota dan 20,1 km/liter di jalan tol.

Masuk ke dalam maka interior March cukup luas dan tidak terasa sempit dengan wheelbase 2.440 mm. March juga menjadi salah satu mobil terbesar di antara rivalnya dan setara dengan Sirion. Namun Sirion masih unggul di dalam kelegaan walaupun milik March juga tidak jelek dan diatas rata-rata. .

Untuk kenyamanan mobil baik penumpang depan dan belakang sama-sama bisa duduk dengan nyaman dengan sandaran bangku belakang yang agak landai, sayangnya sandaran kepala jok belakang memiliki desain fix alias tidak adjustable.

Kenyamanan interior juga didukung oleh suspensi yang lembut sehingga cukup nyaman saat melewati jalanan rusak. Sayangnya untuk memperoleh kenyamanan ini maka mobil mengalami gejala limbung saat bermanuver di kecepatan tinggi. Dengan sistem electric power steering, bobot putaran kemudi menjadi ringan tetapi tidak mengganggu pengendalian di kecepatan tinggi. Setir yang ringan ini sangat berguna untuk kondisi macet jalanan kota dimana mobil bisa bermanuver dengan mudah.

Mengenai fitur March dilengkapi dengan onboard computer yang menyajikan informasi seperti konsumsi BBM di panel instrumen. Namun dengan masuknya mobil seperti Sirion dan Picanto maka fitur March terlihat kalah dibanding keduanya. Kala itu March dilepas dengan harga Rp 141, 1 juta on the road untuk transmisi manual yang lebih murah dibanding Splash.