Nissan Skyline GTR Final Edition: Edisi Terakhir R34 Skyline GTR

Istimewa

TorakID – Nissan Skyline R34 GT-R final edition adalah varian terakhir R34 sebelum Nissan stop produksi Skyline GT-R karena masalah emisi dan keuangan.

Adalah Nissan Skyline GT-R V Spec II Nür yang rilis pada Januari 1999.

Nissan meluncurkan Skyline GT-R BNR34 sebagai penerus BCNR33 GT-R dengan wheelbase yang lebih pendek, yang memungkinkan dalam cornering dan memaksimalkan handling yang menjadi kelemahan R33 GT-R Dan R32 GT-R.

Khusus Varian V Spec, Nissan menggunakan teknologi yang bernama ATTESA ET-S PRO Dan Active LSD sehingga lebih stabil dan lebih cepat pada saat cornering juga mempunyai days cengkram yang sama dengan Mobil Rear Wheel Drive sehingga menghindari gejala understeer tapi juga menghindari gejala oversteer supaya tidak kehilangan banyak kecepatan di tikungan.

GT-R R34 memiliki torsi sebesar 40 kg.m. yang berarti setara dengan Lancer Evolution VIII dan tenaga sekitar 320-330 hp yang melebihi batas Gentleman Agreement untuk Mobil Jepang pada saat itu.

Pada Agustus 2000, Nissan Skyline GT-R R34 mendapatkan facelift berbarengan dengan Skyline ER34 yang mendapatkan grill yang lebih besar Dan bumper baru.

Selain itu juga ada penambahan varian V Spec II sebagai pengganti varian V Spec, dimana penggunaan meterial carbon Hood sehingga memangkas berat sebesar 4 kg.

Selain itu penggunaan rem belakang juga lebih besar dikarenakan keluhan rem GT-R R34 yang cepat Haus karena berat yang masif.

Dan ada sedikit perubahan di eksterior yaitu lampu sein depan yang dulunya mikanya berwarna orange menjadi putih bening.

Pada Februari 2002, Nissan mengeluarkan Varian terakhir untuk Skyline GT-R R34 tersebut yaitu Varian V Spec II Nür Dan M Spec Nür.

Perbedaan yang Paling mencolok Ada di turbine yang terbuat dari steel atau yang biasanya dibilang N1 spec Turbine, cover valve berwarna emas, kode plat berwarna emas, interior Abu Abu, dan speedometer 300 km/h asli dari Nissan. Tidak banyak Skyline GT-R BNR34 Nür yang dijual di Dunia, yaitu sebanyak 285 unit untuk M Spec Nür Dan 718 unit untuk V Spec II Nür.

Yang ditampilkan di The Elite 2019 kemaren merupakan Varian yang special yaitu Skyline GT-R V Spec II Nür berwarna Sparkling Silver Metallic yang tergolong jarang mengingat kebanyakan Deskripsi Tambahan: kebanyakan warna GT-R R34 Nür adalah Millenium Jade, Bayside Blue, Dan Crystal White.

Dulu pada saat tahun 2007 silam, harga Skyline GT-R V Spec II Nür ini hanya 1,5 milliar, tetapi seiring waktu berjalan harganya naik 2,5 Kali lipat mengingat harga Skyline GT-R V Spec II BNR34 biasa bisa mencapai 3 milliaran yang berarti harga Skyline GT-R V Spec II Nür ini harusnya bisa lebih Mahal dari V Spec II biasa. Dan Skyline GT-R V Spec II Nür BNR34 ini bukan sembarang GT-R biasa.

Soalnya Ada racikan langsung dari Nismo Omori Factory dengan adanya tuningan khusus buat mesin RB26DETT N1 ini sehingga performanya tidak jauh beda dengan Nismo Z-Tune BNR34 sekalipun karena Ada racikan dari Nismo langsung meskipun Mobil ini bukan Nismo Z-Tune BNR34 yang dibuat langsung dari Nismo yang dibuat dari Mobil bekas berkilometer rendah.