Porsche 911 993: Legenda Era 90an Yang Punya Tampilan Khas

Efferspot

Torak ID- Bentuk 911 memang tidak pernah berubah, bandingkan saja 911 pertama yang keluar pada tahun 1963 dengan 911 tahun 1995 ini. Secara siluet pasti kita bisa mengenali sosok mobil asal Zuffenhausen ini. Secara tampilan, seri 993 memang tampil lebih ramping dari pendahulunya. Misalkan lampu yang tegak di bagian depan direndahkan sehingga terlihat menyatu dengan fender. Bagian belakang mobil ini juga lebih ramping dan dibuat mengalir.

Beberapa teknologi digunakan oleh 993 seperti rear spoiler yang dapat dilipat secara otomatis untuk memberikan downforce, saluran udara di depan berfungsi mengurangi ketahanan udara dan mengalirkannya untuk menekan mobil pada bagian mobil dan bagian bawah mobil didesain untuk mencegah turbulensi pada kecepatan tinggi. .

Mesin flat-6 boxer 3.600 cc mampu menghasilkan 270 hp dengan torsi 350 Nm. Bagian dalam mesin seperti piston, connecting rods dan valvetrain dibuat dari bahan yang lebih ringan dan terdapat fitur hydraulic lifters yang berfungsi menstabilkan kerenggangan klep dan menurunkan emisi gas buang ketika mesin beroperasi dengan keadaan dingin. .

Untuk memaksimalkan saluran udara, 993 dilengkapi dengan varioram air duct system yaitu sistem tabung udara yang menangkap angin dan langsung mengalirkannya kepada tiap silinder untuk memberikan efek supercharging dan mampu mendongkrak tenaga 993 hingga 15 persen.

Suspensi 993 masih menggunakan model dari yang lama dengan subframe pendukung suspensi multi link LSA, transverse A-arms dan lower toe control links yang terbuat dari aluminium dan secara otomatis mengatur kemiringan roda sesuai dengan kecepatan mobil. Ngebut dengan 911 tidak perlu khawatir untuk berhenti karena terdapat sistem ABS yang memungkinkan 993 Carrera untuk berhenti dari 100 km/jam hanya dalam 40 meter saja. Selain ABS terdapat automatic brake differential yang mengantisipasi kehilangan traksi pada satu roda dan membantu kestabilan mobil.


Transmisi 993 Carrera tersedia dengan pilihan manual 5 percepatan atau transmisi otomatis Tiptronic 4 percepatan. Perbedaannya tidak banyak hanya saja versi matik menempuh 0-100 km/jam lebih lambat 0,9 detik dan top speed yang kurang 5 km/jam dari versi manual. Masuk kedalam, maka kita bisa merasakan interior khas 911 yang spartan. Panel instrumen dan kontrol dibuat mengarah ke pengemudi untuk memudahkan pengoperasian. Terdapat 2 unit airbag untuk keamanan dan kursi belakang 993 sangat sempit untuk dewasa dan hanya cocok untuk anak kecil. Mobil ini menjadi legenda pada 90an ketika membintangi film Bad Boys pada 1993 dan menjuarai balap 24 jam Le Mans pada 1996-1997 di Perancis.