TOYOTA-ASTRA MOTOR KEMBALI MELAKUKAN ENHANCEMENT PADA CHANNEL DIGITAL,Saat Ini Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) Sudah Menggunakan Fitur Voice Command

TAM

TorakID – Mulai September ini, pelanggan yang menggunakan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui mobile apps mTOYOTA, bisa memanfaatkan fitur terbaru “voice command” saat mengakses berbagai informasi tentang Toyota.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menyebutkan bahwa sebagai mobility company, Toyota tidak hanya berkomitmen menghadirkan produk–produk dengan teknologi dan spesifikasi yang lebih baik, namun juga berbagai program yang inovatif, mudah diakses, aman, serta nyaman bagi pelanggan sebagai bagian dari total mobility solution.

Melalui total mobility solution sebagai visi atau semangat baru, Toyota terus melakukan enhancement secara berkelanjutan pada setiap touch point channel, sehingga kian memudahkan pelanggan dalam mengakses solusi untuk berbagai kebutuhan mobilitas yang terus berkembang.

Kali ini, enhancement dilakukan pada TARRA yang merupakan chatbot dari Toyota atau Toyota Information Personal assistant. Sebelumnya, TARRA yang dapat diakses melalui LINE, Whatsapp, Facebook Messenger, Toyota website, dan mobile apps mTOYOTA adalah layanan berbasis teks, di mana pengguna harus mengetik/chatting untuk dapat berkomunikasi dengan TARRA atau mendapatkan informasi Toyota

“Ada pergeseran tren terhadap voice user interface karena adanya kebutuhan dari para pengguna yang menginginkan kenyamanan, kecepatan, dan kemudahan. Sehingga kami berinisiatif untuk melakukan enhancement pada TARRA dengan menambahkan fitur voice command. Hal ini diharapkan dapat memberikan tidak hanya kenyamanan dan kemudahan, melainkan juga efisiensi waktu bagi para pelanggan yang ingin mendapatkan informasi produk, teknologi, maupun layanan Toyota,” ujar Anton, hari ini.

Fitur voice assistant ini bisa diakses melalui Android dan iOS. Untuk memanfaatkan fitur voice command, pengguna cukup membuka mobile apps mTOYOTA dan mengklik logo “TARRA” pada landing page halaman utama. Pengguna bisa mengirimkan perintah atau memulai percakapan berupa suara, dengan panggilan “Hai, TARRA” atau “Halo TARRA” atau “Menu”. Lalu, TARRA akan menunjukkan menu utama aplikasinya.

Pengguna dapat meneruskan perintah berupa suara untuk menyampaikan suatu pertanyaan dan memilih salah satu pilihan yang muncul dalam bentuk tombol/karosel (jika ada) dengan cara klik. TARRA akan menjawab pertanyaan tersebut secara langsung melalui suara dan teks, maupun menunjukkan tombol/karosel lainnya jika ada.

TARRA tetap dapat mengerti pertanyaan dari pengguna walaupun ada background/noise suara lain, asalkan background/noise tersebut tidak lebih besar dari suara penggunanya. Selain itu, TARRA juga tetap bisa mengerti pertanyaan dari user meskipun dengan logat daerah selama tetap menggunakan Bahasa Indonesia.

Di TARRA, pengguna bisa mendapatkan informasi secara cepat dan interaktif setiap hari dan full selama 24 jam. Informasinya didapatkan secara mudah, efektif, efisien, dan komprehensif tentang produk, teknologi, dan layanan Toyota.

Informasi di TARRA antara lain promo dan program terbaru dari Toyota, Info Produk (Brosur, Fitur dan Harga), Pembelian mobil, Booking servis, keunggulan mobil Toyota, simulasi kredit, informasi tentang dealer terdekat, lokasi bengkel Toyota, tips perawatan kendaraan, dan bahwa press release untuk kebutuhan pemberitaan bagi media, dan masih banyak informasi menarik lainnya.

Sejak diluncurkan pertama kali pada Maret 2019 hingga saat ini, TARRA mendapatkan respon yang baik dari pelanggan. Hal ini terlihat dari total interaksi yang mencapai lebih dari 1,2 juta interaksi. Sebagian besar pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan kepada TARRA antara lain terkait lokasi bengkel Toyota, info servis yang dimiliki Toyota, info terkait produk, promo, dan lain-lain.

\