Toyota Perluas Pilihan Dengan Hadirkan TOYOTA GAZOO Racing di Indonesia Sebagai Brand Baru untuk Menjawab Kebutuhan Mobilitas Pelanggan yang Berjiwa Sporty

TGR

TorakID– Perjalanan panjang selama 50 tahun di Indonesia menjadi sebuah usaha tiada henti bagi Toyota untuk dapat memenuhi kebutuhan mobilitas, teknologi, serta trend yang beragam dan terus berkembang. Toyota mencoba menjawab keberagaman dan perkembangan tersebut dengan menghadirkan berbagai pilihan kendaraan yang sesuai untuk pelanggan. Bahkan, 14 tahun yang lalu PT Toyota-Astra Motor (TAM) juga memperkenalkan luxury brand untuk memenuhi kebutuhan mobiltas yang lebih luas. Tidak berhenti di situ, hari ini TAM kembali hadirkan brand baru yaitu TOYOTA GAZOO Racing yang membawa spirit motorsport, sebagai bagian dari upaya menghadirkan ever-better cars yang menyenangkan untuk dikendarai di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berjiwa sporty.

“Melalui TOYOTA GAZOO Racing kami senantiasa berupaya untuk mewujudkan komitmen kami untuk menghadirkan ever-better cars dengan berpartisipasi aktif di berbagai ajang motorsport dunia. Kami meyakini bahwa tantangan dan tekanan yang dihadapi selama berkompetisi di ajang motorsport dapat meningkatkan skill dan insting engineer kami dalam memahami batasan produk yang digunakan sehingga dapat meningkatkan kualitas dari produk tersebut kedepannya. Untuk itu, kami selalu mencoba untuk menghadapi tantangan baru dan berjuang untuk perubahan, dengan visi untuk menciptakan mobil yang sangat menyenangkan untuk dikendarai, sehingga pengemudi tidak ingin berhenti. Sebuah mobil yang akan disukai oleh banyak orang selama 100 tahun ke depan. Setelah 6 tahun resmi berdiri dan berkompetisi di berbagai ajang motorsport global, hari ini kami hadirkan TOYOTA GAZOO Racing untuk masyarakat Indonesia,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.

Untuk mencapai visi tersebut, TOYOTA GAZOO Racing (TGR) telah menetapkan empat filosofi dasar. Pertama, TGR percaya bahwa Roads Build People and People Build Cars. Ada begitu banyak jenis jalan di seluruh dunia. Masing-masing menantang TGR untuk menjadi lebih kuat dan lebih pintar. TGR percaya bahwa jalan adalah guru terbesar yang membantu mengasah indra untuk membangun mobil dengan benar.

Kedua, The Harsh Environment of Racing. Lingkungan balapan sangatlah keras. Oleh karena itu, merupakan tempat latihan yang ideal bagi TGR. Dalam lingkungan sangat ekstrim, banyak kejadian tak terduga terjadi dan keputusan sepersekian detik harus dibuat. Pengalaman tersebut, menantang dan menginspirasi TGR untuk belajar sampai batas kemampuan untuk mendukung perngembangan mobil yang semakin baik.

Ketiga, Dialogue with The Road. Tidak hanya melihat dan menguji mobil di berbagai permukaan jalan yang berbeda, TGR juga berdialog dengan jalanan. Dari jalanan pegunungan yang membekukan hingga jalur yang sangat panas melintasi gurun, di tikungan yang berkelok-kelok dan jalan lurus tidak berujung, di atas permukaan halus dan medan berbatu, TGR berdialog dengan semua jenis jalan yang menantang TGR, menginspirasi TGR, dan mengajari TGR untuk membuat mobil yang lebih baik.

Keempat, Driver-centric. Pengemudi merupakan fokus utama dalam sebuah pengembangan kendaraan. TGR menciptakan mobil yang dapat dikendalikan dan membuat pengemudi merasa nyaman. Di belakang kemudi, pengemudi berkomunikasi dengan kendaraan menggunakan semua indra. Umpan balik pengemudi membantu TGR membuat ever-better cars.

Peran TOYOTA GAZOO Racing di Indonesia

Hadirnya brand TOYOTA GAZOO Racing di Indonesia akan memberikan pilihan line-up yang lebih lengkap, mulai dari sports car hingga sporty car yang dapat menunjang kebutuhan mobilitas pelanggan sehari-hari.

Lebih dari itu, melalui brand baru ini TAM juga ingin memastikan pelanggan dapat merasakan sensasi berkendara menyenangkan dari DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing yang sudah diterjemahkan untuk pelanggan pada line-up produk GAZOO Racing (GR) di Indonesia.

Kedepan, TAM tidak hanya berkomitmen untuk selalu berinovasi menjadi lebih baik untuk terus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang berjiwa sporty dengan menyediakan line-up produk GR yang lebih lengkap di masa mendatang, namun juga akan terus berpartisi aktif dalam dunia motorsport global dan nasional untuk mendapatkan pengalaman serta pelajaran berharga yang dapat dijadikan modal utama dalam menghadirkan ever-better cars di masa yang akan datang.

“Kami memahami bahwa masyarakat Indonesia memiliki kebutuhan serta ketertarikan yang lebih terhadap model kendaraan sport dan sporty. Untuk itu, hari ini dengan bangga kami hadirkan TOYOTA GAZOO Racing di Indonesia untuk dapat menjawab kebutuhan mobilitas setiap individu yang berjiwa sporty. Kedepan, kami akan senantiasa berinovasi menjadi semakin baik, tidak hanya di tataran global namun juga di Indonesia, untuk terus memenuhi kebutuhan sports car serta model kendaraan dengan sporty feeling yang kuat, yang dapat digunakan untuk mendukung mobilitas pelanggan sehari-hari,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Delapan (8) Line-up TOYOTA GAZOO Racing di Indonesia

Diperkenalkan sejak dua tahun lalu, line-up produk TOYOTA GAZOO Racing mulai dari sports car GR Supra hingga sporty car Raize GR Sport telah mendapatkan apresiasi besar dari pelanggan di Indonesia. Bahkan, sports car GR Yaris yang tersedia dalam jumlah yang terbatas juga mendapat sambutan positif dari banyak pelanggan.

Berkomitmen untuk penuhi tingginya minat pelanggan terhadap kendaraan dengan karakter sporty, TAM perluas pilihan lineup TOYOTA GAZOO Racing dengan memperkenalkan empat (4) model GR Sport sekaligus yaitu Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport dan satu (1) model GR yang dijual dalam jumlah terbatas, yaitu Veloz GR Limited.

Tidak berhenti di situ, bersamaan dengan peluncuran brand baru TOYOTA GAZOO Racing ini, TAM juga secara resmi meluncurkan sports car yang dikembangkan secara langsung dari seri balap dunia WRC, yaitu GR Yaris. Dengan hadirnya GR Yaris, maka secara total terdapat delapan (8) line-up produk TOYOTA GAZOO Racing di Indonesia.

“Harapannya, line-up TOYOTA GAZOO Racing yang kami hadirkan di Indonesia dapat menjadi pilihan yang lebih luas bagi pelanggan yang mencari mobil dengan sensasi berkendara yang menyenangkan dan memang dibangun dengan karakter sport yang kuat, berangkat dari proses pembelajaran panjang kami dapatkan dari berbagai ajang motorsport di seluruh dunia,” kata Henry.

GR Yaris: Born From WRC

GR Yaris merupakan produk global yang diproduksi secara terbatas untuk memenuhi syarat homologasi ajang motorsport dunia World Rally Championship (WRC). GR Yaris adalah sebuah sports car yang dikembangkan bermodalkan metode reverse engineering, dimana ketrampilan dan performa dari arena balap diaplikasikan ke produk masal. Sebelumnya, biasanya justru kendaraan jalan raya yang disesuaikan supaya dapat bersaing di lintasan balap.

Bahkan hingga tahap manufaktur, GR Yaris diproduksi menggunakan line khusus pabrik Toyota di Motomachi yang dikenal memiliki sejarah panjang dan kuat dalam memproduksi mobil sport Toyota. Proses perakitan GR Yaris dilakukan oleh anggota tim takumi yaitu para teknisi Toyota yang memiliki keterampilan tinggi. Pendekatan baru ini memastikan GR Yaris memiliki built quality yang mengagumkan dan mampu menawarkan pengalaman berkendara menyenangkan.

GR Yaris dikemas dengan fokus yang tercurahkan pada aerodinamika, bobot yang ringan dan center of gravity yang rendah. Salah satu yang menonjol adalah pengaplikasian bahan carbon fiber reinforced polymer pada atap GR Yaris yang mampu menghasilkan bobot yang lebih ringan dan menurunkan center of gravity.

GR Yaris dibekali dengan mesin berkapasitas 1.600 cc 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS dan dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda (full time 4WD) berkode “GR-FOUR” untuk mendukung sensasi berkendara yang menyenangkan di segala situasi dan dapat menyesuaikan dengan berbagai macam gaya berkendara pengemudinya.

Lebih dari itu, kehadiran GR Yaris di Indonesia juga dilengkapi dengan layanan after sales. Pelanggan tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan berkala saat akan memilikinya karena otomatis akan mendapatkan benefit program Gratis Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis ke-6 (maksimal 4 tahun/ 50,000 KM mana yang tercapai lebih dahulu). Benefit program ini dapat dinikmati di seluruh jaringan bengkel resmi Toyota di Indonesia.

Kiprah TOYOTA GAZOO Racing di Ajang Motorsport Dunia

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) secara resmi didirikan pada tahun 2015. Namun sebenarnya jejak langkah TGR sudah dimulai sejak 2007 ketika para karyawan Toyota sukarela bergabung dalam tim balap yang diberi nama GAZOO Racing untuk mengikuti balap ketahanan Nürburgring 24 Jam di Jerman, mengitari sirkuit pegunungan sepanjang sekitar 20 km dengan kontur jalan berliku, naik-turun, beraspal mulus dan beton, disertai cuaca tidak menentu.

Karyawan Toyota yang bergabung sebagai pembalap dan mekanik, termasuk Akio Toyoda sebagai master driver, berjibaku di kerasnya persaingan nonstop selama 24 jam mengandalkan 2 unit Toyota Altezza RS200. Berkat semangat dan tekad yang kuat, tim berhasil menyelesaikan balapan. Pencapaian ini menggambarkan bagaimana TOYOTA GAZOO Racing didirikan dengan semangat menghadapi tantangan, yang bertujuan untuk memulai perubahan.

Sejak itu, TGR konsisten berpartisipasi diberbagai ajang motorsport dunia, dengan fokus utama di World Endurance Championship (WEC), World Rally Championship (WRC), dan Dakar Rally. Bermodalkan semangat pantang menyerah dan empat (4) filosofi yang dipegang teguh, TGR berhasil mencatatkan prestasi gemilang di ketiga ajang motorsport ini.

Pada ajang WEC, TGR berhasil meraih FIA World Endurance LMP DRIVERS Championship (2018-2019 & 2019-2020) dan FIA World Endurance LMP1 Championship (2018-2019 & 2019-2020). Lalu di ajang WRC, TGR mampu meraih kembali gelar World Rally Championship Constructors’ Champions (2018) setelah absen cukup lama yang disusul dengan capaian World Rally Championship Drivers’ Champions (2019 & 2020). Dan di ajang Dakar Rally, untuk pertama kalinya TGR berhasil meraih kemenangan secara menyeluruh sehingga dinobatkan sebagai Dakar Rally Winner (2019).