Tuono 660 Factory: Versi Tercanggih Dari Aprilia Tuono

Bikebiz

TorakID- Eicma 2021 yang diselenggarakan di Milan, Italia resmi memperkenalkan Aprilia Tuono Factory yang diklaim lebih canggih dari varian Tuono biasa.

Sehubungan dengan Tuono 660, yang telah diakui dan diapresiasi secara luas oleh publik dan kritikus karena kualitas sasisnya yang luar biasa, Pabrik Tuono 660 menawarkan suspensi yang lebih canggih, lebih cocok untuk berkendara sport. Garpu Kayaba dengan tiang-penyangga 41 mm dapat disetel sepenuhnya dalam kompresi dan redaman rebound dan pra-beban pegas, sedangkan shock Sachs dengan reservoir terpisah juga dapat disetel dalam redaman kompresi dan rebound serta pra-beban pegas. Ada rasio berat/daya yang lebih baik lagi, berkat adopsi baterai lithium ringan yang berkontribusi pada pengurangan berat keseluruhan sekitar 2 kg (berat tepi jalan sekarang menjadi 181 kg).

Tenaga maksimum kembar 660 cc ini ditingkatkan dari 95 HP dengan Tuono 660 menjadi 100 HP dengan Tuono 660 Factory. Mesin ini menawarkan lebih banyak dorongan dalam akselerasi, berkat penggunaan final drive yang lebih pendek, dengan gigi pinion 16 gigi, satu gigi lebih rendah dari Tuono 660. Torsi maksimum tetap tidak berubah, dengan 67 Nm pada 8500 rpm.

Tuono 660 Factory menawarkan rangkaian lengkap kontrol elektronik APRC dengan akselerator elektronik Ride-by-Wire dan platform inersia enam sumbu sebagai standar, serta AQS (Aprilia Quick Shift), gearbox elektronik yang memungkinkan pemindahan gigi yang sangat cepat tanpa menutup throttle atau menggunakan kopling. Ini juga dilengkapi dengan fungsi downshift, untuk memungkinkan pemindahan gigi tanpa kopling. Desainnya semakin disempurnakan dengan grafis Factory Dark yang agresif dan sporty serta kehadiran fairing ekor kursi tunggal yang dicat hitam dan merah.