VF21: Mobil Baru Dengan Nafas Baru

Haas F1

TorakID- Hanya meraih tiga poin saja, Haas sudah bisa dibilang kembali mengulang hasil buruk sejak 2019 alias hanya jalan ditempat. Jasa tiga pebalap yakni Romain Grosjean, Pietro Fittipaldi dan Kevin Magnussen tidak membuat tim asal Amerika ini bangkit dari keterpurukan seperti musim 2018 dimana mereka meraih posisi kelima dengan 93 poin. Mesin Ferrari yang tidak kompetitif menjadi biang kerok kegagalan Haas selama 2 musim berturut-turut.

Mulai 2021, Haas merekrut Nikita Mazepin dan Mick schumacher sebagai nafas baru menggantikan Grosjean dan Magnussen yang sudah tidak layak membalap. Dengan VF21, Haas yakin bisa bangkit dari keterpurukan dan berani berada di papan tengah. Mobil VF21 memiliki warna dasar putih dengan aksen biru-merah di bagian belakang. Berbeda dengan VF20 yang memiliki warna dasar putih dengan aksen hitam di bagian belakang mobil. Haas mendapatkan sponsor baru seperti Ural Kali dan T&T yang melekat di VF21. Uralkali sendiri adalah perusahaan asal Rusia yang bergerak di bidang kimia. Spesifiknya ialah produsen dan eksportir pupuk berbahan potasium. Setelah digali lebih dalam, rupanya Uralkali berkaitan dengan ayah Nikita Mazepin, Dmitry Mazepin. Dmitry berposisi sebagai Wakil Ketua Direksi Uralkali dan punya 20 persen saham.

Musim 2021 akan jadi musim adaptasi dan pembelajaran baik bagi Mick sendiri ataupun bagi rekan setimnya, Nikita Mazepin. Memiliki dua pembalap debutan akan menjadi tantangan bagi Haas. Bagaimana mereka bisa membantu keduanya beradaptasi dengan baik di F1, mengingat tidak ada sosok pembalap senior yang bisa memberikan masukan kepada pembalap debutan. Mick sebelumnya menjadi juara pertama Formula 2 2020 melalui tim Prema dan meraih 215 poin dan Nikita meraih 164 poin atau posisi kelima saat bergabung bersama Hitech di ajang serupa.